Kamis, 10 November 2011

Landasan Pendidikan Pancasila

1. Landasan Historis Pendidikan Pancasila
Bangsa Indonesia terbentuk melalui suatu proses sejarah yang cukup panjang dan berjuang untuk menemukan jati dirinya sebagai bangsa yang merdeka, mandiri serta memiliki suatu prinsip dan pandangan hidup yang jelas.Berdasarkan perjalanan sejarah yang cukup panjang tersebut, bangsa Indonesia memiliki ciri khas, sifat dan karakter yang berbeda dengan bangsa-bangsa yang lain.Ciri, sifat dan karakter tersebut oleh para pendiri negara dirumuskan kedalam suatu rumusan sederhana namun mendalam, yang didalamnya terdapat lima prinsip dan kemudian diberi nama Pancasila.Secara objektif historis, nilai-nilai Pancasila telah dimiliki bangsa Indonesia jauh sebelum Pancasila dirumuskan dan disahkan sebagai suatu dasar negara.Atas dasar itu, maka bangsa Indonesia merupakan Kausa Materialis Pancasila.Dan oleh karena itu, maka sangat penting bagi bangsa Indonesia termasuk para mahasiswa untuk mempelajari, mengkaji, memahami dan mengembangkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

2. Landasan Kultural Pendidikan Pancasila
Pancasila bersumber dan digali dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia sendiri, oleh karena itu ada tanggung jawab moral bagi bangsa Indonesia untuk memahami secara tepat dan benar, menghayati, melaksanakan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila.

3. Landasan Yuridis Pendidikan Pancasila
a) SK Dirjen Dikti No. 43/Dikti/Kep/2006 menjelaskan bahwa misi pendidikan kewarganegaraan adalah untuk memantapkan kepribadian mahasiswa agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam menguasai dan mengembangkan IPTEK.


b) Undang-Undang no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang menyebutkan pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada nilai agama, kebudayaan nasional dan tanggap terhadap tuntutan perubahan jaman.


c) Dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945, disebutkan salah satu tujuan negara, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.


3. Landasan Filosofis Pendidikan Pancasila
Pancasila merupakan dasar filsafat dan pandangan hidup bangsa Indonesia, oleh karena itu sudah merupakan keharusan moral untuk secara konsisten melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Secara filosofis, bangsa Indonesia sebelum mendirikan negara adalah bangsa yang berketuhanan, berkemanusiaan, berkerakyatan dan berkeadilan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar